I Have to Be Perfect: (And Other Parsonage Heresies)

I Have to Be Perfect: (And Other Parsonage Heresies)

IPS Sebutkan negara negara pendiri ASEAN

Sebutkan negara negara pendiri ASEAN

ASEAN merupakan singkatan dari Association of Southeast Asian Nations. ASEAN dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967. ASEAN didirikan oleh lima negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand.

Pembahasan

ASEAN atau yang biasa dikenal dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (PBB) merupakan sebuah organisasi kawasan yang di mana mewadahi kerja sama negara-negara di Asia Tenggara. Latar belakang dibentuknya ASEAN adalah adanya keinginan yang kuat oleh pendiri ASEAN untuk menciptakan kawasan yang aman, tenang, damai, sejahtera dan stabil di wilayah Asia Tenggara. ASEAN diprakasai oleh lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Singapura. Adapun berikut ini merupakan penjelasan lima negara yang memprakasai berdirinya ASEAN:

  • Indonesia memiliki peran yang penting, salah satunya yaitu memprakasai Bali Concord II pada akhir tahun 2003 di Bali. Isi mengenai tiga pilar yaitu ASE (ASEAN Security Community),  AEC (ASEAN Economic Community) dan ASCC (ASEAN Socio Cultural Community).
  • Malaysia memiliki peran untuk menandatangani Deklarasi Kuala Lumpur yang di mana dilaksanakan pada November 1971, berpartisipasi dalam proses pembentukan kerajaan demokratik kawasan Kamboja, mengikuti AFTA sebagai bentuk upaya menjalankan kerja sama bidang ekonomi dan lain-lain.
  • Filipina memiliki peran untuk penyelesaian kasus Metro dan lain-lain.
  • Thailand memiliki peran untuk menjalin kerja sama dengan wilayah di beberapa penjuru dunia dan komoditas ekspor utama. Inilah yang membuat kondisi ekonominya termasuk dalam kategori maju.
  • Singapura memiliki peran untuk membuat kawasan Asia Tenggara menjadi lebih terbantu ketika mengalami suatu permasalahan. Negara negara yang memprakarsai berdirinya ASEAN beserta anggota tambahannya saling bekerja sama dalam hal positif.

Pelajari Lebih Lanjut

  1. Materi tentang Negara pendiri ASEAN https://brainly.co.id/tugas/15460
  2. Materi tentang tanggal bergabungnya negara-negara anggota di ASEAN https://brainly.co.id/tugas/367315
  3. Materi tentang pengertian ASEAN  https://brainly.co.id/tugas/2530195

Detail Jawaban

Kelas : 8

Mapel : Geografi

Bab : 1

Kode : 8.8.1

#TingkatkanPrestasimu #SPJ3

[answer.2.content]